RENCANA PEMBANGUNAN

Sesungguhnya segala puji hanyalah milik Alloh. Kami memuji, meminta ampunan, pertolongan dan hidayahNYA. Dan kami berlindung kepadaNYA dari kejahatan diri kami, dari kejelekan amal-amal  kami. Barangsiapa yang Alloh beri hidayah, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barang siapa yang Alloh sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya hidayah. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Alloh, tidak ada sekutu bagiNYA, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNYA. Amma ba’du

Seiring berjalannya waktu dan jauhnya masa dari zaman kenabian,  umat islam jauh dari agamanya yang haq. Banyak perkara yang bukan agama dianggap sebagai agama. Demikian juga lemahnya ilmu dan semangat mengamalkan islam telah menimpa banyak umat ini, kerusakan akhlaq dan kebodohan terhadap agama islam yang kian hari kian terkikis jauh dari ajaran Rasullulloh SAW.  Maka tidak aneh, ALLAH TA”ALA menimpakan kehinaan pada umat ini.  Kehinaan itu tidak akan hilang sehingga mereka kembali kepada agamaNYA.

Namun pada zaman ini, kembali kepada agama islam yang haq, tidaklah mungkin dilakukan  kecuali dengan Tasyfiyah (memurnikan islam pada semua bidang) dan Tarbiyah (Membina dan mendidik generasi – generasi islam sesuai dengan pemahaman para Shahabat).

Imam Malik Mengatakan  ;

Tidak akan berjaya umat ini  kecuali kembali kedalam agama Islam.Oleh karena itu Tarbiyah dan Tasfiyah adalah satu-satunya solusi menuju perbaikan umat.

Atas dasar inilah Yayasan Al Ihsan pada tahun 2007 mendirikan Pendidikan sekolah dimulai dari tempat kontrakan , dari tingkat TK IT sampai SD IT, dan tahun ini kontrak di lokasi yang berbeda untuk jenjang Takhossus Guru Bahasa Arab (TGBA). Untuk lebih efektif dan efisien dalam pembinaan, Yayasan Al Ihsan Brebes memandang perlu segera membangunan MASJID dan PONDOK PESANTREN karena memiliki nilai yang strategis sebagai pusat pendidikan dan da’wah islam.

Untuk tercapainya cita-cita dalam melahirkan manusia-manusia yang beriman dan bertaqwa, beramal sholih dan berakhlaq mulia, sesuai dengan pemahaman salafus sholih. Kami Yayasan Al Ihsan, Brebes, Jawa Tengah.  Sangat mengharapkan dan menantikan bantuan dana dalam Pembangunan MASJID dan PONDOK PESANTREN ini.

Apabila kita merenungkan kondisi sebagimana dijelaskan di atas, maka Yayasan sangat membutuhkan sebuah tempat kegiatan yang permanen berupa MASJID dan PONDOK PESANTREN. Disanalah nantinya  akan dipusatkan segala aktivitas Yayasan terutama untuk mencetak generasi-generasi muslim yang handal dan mampu menjawab tantangan zaman.

Dan itu semua tentunya membutuhkan perjuangan yang berat. Selain itu juga dibutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) dan SDA (Sumber Daya Alam) yang besar. Namun betapapun beratnya  usaha yang mulia ini dengan mengharap pertolongan ALLOH Subhanahu Wata’ala disertai usaha keras kita yang dilandasi Ikhlas Illahi Ta’ala, kemudian dengan bantuan kaum Muslimin khususnya Muhsinin aghniya / pengusaha muslim Insya Allah akan dapat terwujud.

Pembangunan Masjid dan Pondok Pesantren Desa Limbangan Wetan Kec. Brebes Kab. Brebes, Jawa Tengah dengan luas 6500 M2 . Tahap pertama kegiatan tersebut berada diatas tanah Wakaf seluas 2000 M2. Areal masjid berukuran 25 M x 30 M dua lantai. Dan  pengerjaan Pondok Pesantren adalah 9 M x 18 M dua lantai. Untuk tahap berikutnya 4500 M2

QS. As Shaf ayat 11

تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَتُجَهِدُونَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ بِأَمْوَلِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ ۚ ذَلِكُمْ خَيْرٌۭ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Berimanlah kamu kepada ALLAH dan RasulNYA dan berjuang pada jalan ALLAH dengan harta dan dirimu. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

QS. Al Baqoroh ayat  261

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍۢ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍۢ ۗ وَٱللَّهُ يُضَعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan ALLAH adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir , seratus biji. ALLAH melipat gandakan ( ganjaran ) bagi siapa yang DIA kehendaki. Dan ALLAH maha Luas karuniaNYA  lagi Maha Mengetahui.

Al Hadist

Barang siapa membangun untuk ALLAH sebuah masjid sebesar tempat bertelurnya burung, niscaya ALLAH akan membangunkan baginya sebuah rumah di syurga  ( HR Al Bazaar, At Tabrani dan Ibnu Hibban serta di shohihkan oleh Al Muhaddist Syaikh AlAlbani dalam targhibnya wa  At Tarhiib Jilid 1 hal 181 ).

LOKASI

Tanah yang hendak dibangun Masjid dan Ma’had/Pondok Pesantren ini seluas 6500 M2 yang berada di Desa Limbangan Wetan Kec. Brebes , Kab. Brebes ,Jawa Tengah.

RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNAN PONPES DAN MASJID

Total dana yang dibutuhkan untuk Pembangunan Masjid dan Pondok Pesantren Modern sebesar Rp. 9.930.468.000,-  (Sembilan Milyar Sembilan Ratus Tiga Puluh Juta Empat Ratus Enam Puluh Delapan Ribu Rupiah)

Dana sebesar itu akan diwujudkan dalam bentuk bangunan yang terdiri dari :

  1. Bangunan Masjid seluas 1300 M2 terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dengan tempat wudhu dan KM/WC nya yang terpisah antara Ikhwan dan Akhwat beserta fasilitas dan instalasinya dengan dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 3.485.730.000,-   (Tiga Milyar Empat Ratus Delapan Puluh Lima Juta Tujuh Ratus Tiga Puluh  Ribu Rupiah).
  2. Bangunan Ma’had, Toilet dan Kamar Mandi seluas 4000 M2 terdiri dari dua lantai beserta fasilitas dan instalasinya dengan dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 6.444.738.000,-  (Enam Milyar Empat Ratus Empat Puluh Empat Juta Tujuh Ratus Tiga Puluh Delapan Ribu Rupiah).

YANG SUDAH TERSEDIA

  • Tanah Wakaf seluas 2000 M2 untuk tahap awal
  • Tahap berikutnya 4500 M2 ( Dalam proses pengurusan surat wakaf)
  • Dana cash Rp 100.000.000,.

Demikian proyek proposal ini kami susun dengan harapan semoga menjadi perhatian bagi kaum Muslimin, Dermawan, Muhsinin yang mendapatkan kelapangan hati dan keluasan rizki dari Alloh untuk berpartisipasi dan berkenan memberikan sumbangsih dalam proyek Da’wah yang mulia ini. Semoga harta yang diinfakkan oleh para Donatur ini benar-benar menjadi amalan jariyah yang terus mengalir hingga tegaknya hari kiamat, Amin ya Alloh ya Robbal ‘Alamin.

Akhirnya kami hanya bisa berdo’a semoga Alloh berkenan menerima amalan kita serta dijadikannya sebagai washilah untuk mendapatkan ampunan dan pertolonganNYA dihari yang tiada lagi bermanfaat anak dan harta, Amin Ya Alloh Ya Robbal ‘Alamin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s